Minggu, 06 Mei 2012

Grup Sub-Unit Terbaik Sepanjang Masa


Best Subunit Groups of All Time


Selama beberapa tahun terakhir, kita telah melihat banyak sub-unit grup idola. Strateginya sederhana – menggabungkan beberapa member dalam unit yang lebih kecil, memberi mereka nama, dan promosi sebagai grup yang terpisah.

Ide grup sub-unit ini telah terbukti efektif, terutama untuk dampak langsung terhadap kesuksesan lebih lanjut grup asli. Keuntungan grup sub-unit ini mungkin bisa dideskripsikan dalam tiga hal: a) Memberi kesempatan untuk menyorot member yang kurang terkenal; b) membuat image yang benar-benar berbeda untuk memperluas keseluruhan fan base; dan c) meningkatkan kesadaran akan adanya grup asli dengan menggunakan nilai nama member yang lebih terkenal.

Khususnya, setelah melihat SNSD yang akhirnya mengikuti ide ini dan mendebutkan sub-unit pertama mereka TaeTiSeo minggu lalu, sepertinya patut membicarakan tentang grup-sub unit terbaik sepanjang masa. Daftar ini tentu akan meluas pada akhir tahun, dengan lebih banyak sub-unit yang diharapkan debut.
Siapakah grup sub-unit favorit kalian? Siapakah yang ingin kalian lihat sebagai grup sub-unit terbaru?

Super Junior K.R.Y
Dengan total 13 member, Super Junior adalah grup idola terbesar di dunia K-Pop. Ini membuat publik sangat sulit untuk mengenali semua member, di samping member yang lebih populer seperti Leeteuk, Siwon, dan Heechul. Super Junior K.R.Y menaruh beberapa member yang kurang dikenal, meskipun sama-sama berbakat (jika tidak lebih), menjadi pusat perhatian. Terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung, Super Junior K.R.Y menitikberatkan pada bakat vokal mereka, dan ini adalah kerja yang luar biasa dalam membangun diri mereka sebagai kekuatan menyanyi grup. Dan juga, mereka dipercaya sebagai sub-unit grup idola pertama, jadi mereka patut diberi kebanggaan lebih untuk memulai tren ini.

Troublemaker
Ketika pertama diungkapkan bahwa pasangan HyunA untuk Troublemaker adalah BEAST Hyun Seung, beberapa fans bertanya tentang keputusan Cube. Baiklah, ternyata Cube memang membuat keputusan yang benar, karena Hyun Seung menciptakan chemistry yang sempurna dengan HyunA untuk Troublemaker. Keduanya meninggalkan kesan kuat dan abadi tahun lalu, menjadi berita utama selama promosi, meskipun hanya berjalan singkat selama 1 bulan. Troublemaker dibentuk dengan member dari grup yang berbeda (jadi secara teknis, mereka bukan sub-unit), namun mereka terlihat senyaman dan semudah (dalam penampilan duet) grup sub-unit lainnya. Faktanya, adegan ilusi ciuman mereka ketika tampil di MAMA 2011 masih menjadi salah satu topik yang sering dibicarakan dari tahun lalu.

GD & T.O.P
Kita tahu bahwa G-Dragon dan T.O.P memiliki pengaruh musik yang mengakar kuat di dunia hip-hop. Namun, hampir semua lagu-lagu Big Bang, khususnya yang paling terbaru, jauh dari rasa tradisional musik hip-hop. Dengan menggabungkan kedua rapper sangat berbakat ini, GD & T.O.P telah berhasil menyesuaikan musik mereka untuk audiens yang lebih spesifik, dan dengan melakukan itu, menjangkau lebih banyak fans hip-hop juga. Diplo, produser GD & T.O.P “Knock Out,” pernah sekali mendeskripsikan GD & T.O.P sebagai  “…rapper rapper.. tidak palsu.. mereka memiliki aliran yang gila.”
CL & Minzy

Pasangan rapper dan dancer terbaik 2NE1 menjadi kejutan besar untuk sebagian besar fans karena keseluruhan tentang proyek grup terus dirahasiakan sampai pengumuman kejutan dari Yang Hyun Suk akhir tahun 2009 lalu (Mereka bahkan tak syuting MV untuk tetap menyimpan ide rahasia ini). Meskipun CL & Minzy hanya mempromosikan satu lagu, “Please Don’t Go” masih menjadi lagu YG favorit kebanyakan penggemar dan CL & Minzy berkontribusi dalam kesuksesan 2NE1 yang lebih luas.

SISTAR19
SISTAR19 cukup banyak dipercaya untuk menampatkan SISTAR lebih dikenal publik. Sebelum SISTAR19, SISTAR sebagai keseluruhan tak mendapat banyak perhatian dari fans K-Pop biasa. Namun kesuksesan besar dari “Ma Boy,” karena dance kursi seksi dan kemampuan rap yang kuat dari Hyorin dan Bora, menerima banyak perhatian publik yang tak pernah dialami SISTAR sebelumnya. Dan SISTAR19 mampu dengan sukses mengalihkan perhatian tersebut kembali ke grup asli, SISTAR. Fans masih bertanya-tanya apakah makna sebenarnya dibalik “19” (artinya bukan “Terbatas untuk 19 tahun ke atas”) namun ini jelas menjadi jimat keberuntungan mereka.

Bang & Zelo
B.A.P adalah grup idola yang paling cepat tumbuh di dunia K-Pop akhir-akhir ini. Namun sebelum debutnya B.A.P, TS Entertainment dengan bijaksana mempromosikan dua member mereka yang paling menonjol, Bang Yong Guk dan Zelo, dalam grup sub-unit yang terpisah. Lagu debut mereka, “Never Give Up,” yang juga menampilkan Secret Hyosung, menjadi hit secara langsung, karena menampilkan ketiga bintang top TS Entertainment dalam satu lagu. Popularitas mereka secara alami ditransfer kembali ke kesuksesan B.A.P yang lebih meluas, dan ini mungkin pantas menjadi contoh utama dari penggunaan member yang paling dikenal untuk meningkatkan kesadaran akan grup asli.

Grup Sub-Unit Lain Yang Dikenal:
Orange Caramel
After School Red and Blue
Super Junior Happy, Super Junior M, Super Junior T
SM The Ballad (SHINee Jonghyun, SJ Kyuhyun, TRAX Jay, dan Jino)
BEAST Yoseob & Junhyung/ Doojoon & Dongwoon/ Hyun Seung & Gi Kwang

source: soompi
Indotrans by geevy@koreanindo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar