Rabu, 09 Mei 2012

EXO-K Ungkap Taktik Untuk Bertahan Dengan Sistem Pelatihan SM




Sudah banyak yang tahu bahwa debut, bahkan terpilih sebagai trainee sendiri, di bawah naungan SM Entertainment adalah proses yang sulit. Butuh waktu sampai 7 tahun persiapan hanya untuk debut, dan itu terjadi hanya setelah merasakan proses pelatihan yang berat dan kompetisi ketat.

Dengan demikian, ada alasan mengapa setiap rookie baru yang debut di bawah nama agensi tersebut langsung mendapat sorotan, sama seperti rookie terbaru mereka, EXO. MK News duduk bersama keenam member EXO-K untuk mendengar langsung bagaimana rasanya lolos dari kompetisi di tengah-tengah sesama trainee dan akhirnya mendapat sorotan.


Leader Suho akhirnya debut setelah 7 tahun latihan sebagai trainee. Ia bahkan harus melihat junior-nya debut sebelumnya. Ia mengekspresikan, “Aku sering ingin menyerah, namun aku masih tetap bekerja keras. Aku pikir lebih dari apapun, terus menjaga pola pikirku positif merupakan hal yang paling membantu. Selama 7 tahun, aku percaya aku dapat meraih tujuan dari apa yang aku kerjakan, yang membawaku ke arah dimana aku berdiri sekarang. Aku juga dibantu oleh senior yang telah debut sebelumku.”

Chanyeol terpilih ketika ia masih tahun pertama SMA dan dilatih selama 4 tahun sebelum debutnya. Ketika pelatihan, ia memfokuskan usahanya untuk membuat bakatnya bersinar. “Aku tahu aku akan debut dalam sebuah tim jadi aku mencoba untuk menunjukkan kemampuan terbaikku. Karena aku memainkan drum ketika muda, Aku merasa aku lebih berirama dari teman-temanku. Rap juga salah satu bakatku, aku sangat percaya diri dengan kemampuanku, yang aku tunjukkan. Selama aku mempunyai suatu kemampuan yang lebih baik dari seseorang, aku tahu aku dapat meraih bagian tersebut.”

Taktik Sehun mirip dengan taktik Chanyeol, ketika ia dipilih sewaktu masih SD, melalui 2 tahun audisi, dan akhirnya memulai pelatihan di tahun kedua SMP. Ia dilatih selama 4 tahun sebelum debut.
Sehun mengekspresikan, “Ketika aku masih kecil, aku suka menari. Aku percaya pada diriku bahwa aku dapat melakukannya lebih baik dari siapapun. Meskipun menari tak hanya ditandai dengan menyalin gerakan. Aku menyadari sejak awal bahwa aku harus belajar dari koreografer terkenal di dunia dan lanjut dengan gerakan sendiri untuk menjadi lebih baik dari yang lain.”

Sedangkan untuk Baekhyun, keberuntungan ada di sisinya. Ia dilatih selama setahun sebelum debutnya, yang membuatnya menjadi member dengan proses pelatihan tersingkat. “Aku benar-benar beruntung (tertawa). Ketika aku pertama kali datang sebagai trainee, aku merasakan ada tembok besar di antara kemampuanku dan kemampuan orang lain. Ada banyak trainee yang tampan, menari dengan baik, menyanyi dengan baik. Sebenarnya aku berpikir karena dinding itulah aku dapat debut dengan EXO-K karena aku menanamkan rasa tekad pada diriku untuk melampui dinding tersebut dan mengatasinya. Aku berada di posisi dimana aku harus bekerja lebih keras dari yang lain bagaimanapun caranya.”

Kai telah menjadi penari berkemauan tinggi semenjak SD, mengambil kelas balet dan jazz sebelum bergabung dengan SM sebagai trainee di tahun kedua SMP-nya dan menyelesaikan pelatihan selama 5 tahun. “Satu-satunya hal yang aku punya saat itu adalah menari. Menari adalah suatu hal yang aku nikmati, bukan sesuatu yang membuatku bekerja keras. Menyenangkan untuk belajar sesuatu di samping balet dan menyenangkan merasakan tubuhku belajar dan menyesuaikan diri. Ku pikir salah satu alasan utama aku dapat debut dengan EXO-K adalah karena aku sepenuhnya menikmati apa yang aku lakukan dibandingkan dengan hanya bekerja keras untuk hal itu.”

Vokalis grup, D.O., juga menggunakan kemampuan menyanyinya sebagai kekuatannya. D.O. bertanding di berbagai kompetisi menyanyi sebelum terpilih menjadi trainee dan melakukan pelatihan selama 2 tahun.
“Aku merasakan bahwa aku harus menunjukkan warna vokal unik diriku. Sejujurnya, banyak orang yang bernyanyi dengan baik. Menyanyikan ballad tradisional dengan sempurna adalah dasarnya, jadi aku fokus dalam mendengarkan jiwa musik R&B dan menambahkan rasa diriku sendiri ke dalam nyanyianku. Aku ingin nadaku menonjol dari yang lain.”

Terlepas dari taktik bertahan mereka, keseluruh 6 member harus melampaui harapan yang mereka minta, yaitu setidaknya 120%, dan sekarang-lah fondasi utama dalam membangun kekuatan mereka sebagai grup.

source: allkpop
Indotrans by geevy@koreanindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar