Kamis, 20 Juni 2013

Yang Dilakukan K-Poppers untuk Idolanya




Yang Dilakukan K-Poppers untuk Idolanya   

Munculnya K-Poppers (penggemar K-pop) sudah menjadi fenomena tersendiri sebagai efek demam Korea. Loyalitas K-poppers terhadap idolanya tidak tanggung-tanggung.

1. Beli album sang idola meski harganya sangat mahal. Versi apa pun dari album pasti dibeli, bahkan bisa sampai 10 buah. Untuk K-poppers sejati biasanya akan memesan langsung album asli Korea, tujuannya cuma satu, agar album idolanya bisa merajai tangga lagu musik Korea dan mendapatkan penghargaan.

2. Membeli segala pernak-pernik K-pop baik yang official atau tidak. Yang official contohnya lightstick, support towel, t-shirt, photobook, dan kalender. Sedangkan yang bukan official contohnya buatan penggemar dan jumlahnya sangat banyak. Bisa ditemukan di online shop K-pop yang tersebar di dunia maya K-pop.

3. Menonton konser si idol. Di Korea selalu ada konser-konser K-pop baik yang festival maupun konser solo. Biasanya, K-poppers ini bela-belain datang ke Korea.

4. K-poppers selalu identik dengan internet. Gunanya untuk meng-update segala informasi mengenai idolanya. Bisa dibilang hidup K-poppers sangat bergantung kepada internet. Para K-poppers ini selalu mencari koneksi internet yang supercepat buat unduh atau streaming video-video K-pop.

5. Memberi hadiah untuk sang idola, berupa macamnya, bisa makanan, surat, baju, aksesori, barang-barang Hi-tech, gulungan bon pembelian album, sampai emas 24 karat.

6. Covering dance. Ini adalah sarana penyaluran bakat untuk meniru gerakan dance dari lagu sang idola sama persis dengan aslinya. Berawal dari hobi, covering dance bisa saja jadi profesi dan menghasilkan uang. Bahkan banyak grup cover dance dari berbagai negara share di YouTube dan bisa menghasilkan uang. Kita bisa melihat di acara yang bertema Korea, mulai dari kumpul-kumpul fandom, festival Korea di suatu negara, sampai festival musik di Korea sendiri. NYE Boys jadi satu-satunya cover dance grup asal Indonesia yang berhasil tampil di Korean Music Festival di Seoul.

7. Flashmob, yaitu mengumpulkan orang sebanyak mungkin untuk beramai-ramai melakukan gerakan K-pop. Flashmob diadakan untuk menunjukkan betapa dahsyatnya penggemar K-pop yang ada di suatu negara. Seperti penggemar K-pop di Eropa yang berhasil mengadakan flashmob untuk meminta konser SM Town, dan terbukti SM Town Live in Paris 2012 buah manis dari flashmob itu.

8. Membuat fan fiction. Ini adalah pembuatan tulisan berupa novel atau cerpen versi penggemar yang tokohnya tak lain idola mereka sendiri. Ceritanya enggak masuk akal, tapi justru semakin menarik untuk dibaca dan bisa masuk ke dunia khayal para penggemar. Fan fiction mudah ditemui di berbagai blog K-pop atau blog penggemar di dunia maya.

cr. http://www.tempo.co

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar